Jenis dan Tips Memilih Model Rambut Pendek untuk Pria

Kalau kamu mencari artikel ini, besar kemungkinan bahwa rambut sudah panjang dan kamu bingung ingin cukur dengan gaya yang seperti apa. Jangan khawatir, karena kamu akan menemukan banyak rekomendasi model rambut pendek yang tentunya cocok dengan karakter kamu. Simak selengkapnya di sini!

Rekomendasi Model Rambut Pendek untuk Pria

Banyaknya tren yang berkembang terkait barber shop dan grooming untuk pria, tentu membuat gaya rambut yang bisa kamu pilih tidak sedikit. Karena itu, jangan takut tidak ada model untuk rambut pendek yang menggambarkan diri kamu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi model rambut pendek yang bisa kamu coba:

1. Buzz Cut

Buzz cut merupakan potongan rambut pria yang kerap kali memiliki nama lain, yaitu cepak. Model rambut yang satu ini biasanya bisa kamu lihat pada tentara atau laki-laki yang pekerjaannya menuntut kedisiplinan.

Gaya rambut yang satu ini memang bisa dikatakan sangat pendek, yakni hanya menyisakan rambut sepanjang 1-2 sentimeter di atas kepala. Meski terkesan umum, namun buzz cut ternyata memiliki banyak jenisnya.

Salah satu yang sempat tren adalah chestnut buzz cut yang bisa kamu lihat pada tokoh Park Sae-ro-yi di serial TV Itaewon Class. Selain itu, yang mungkin paling sering kamu lihat adalah buzz cut dengan fade, yakni sisi rambut yang lebih tipis dari bagian atas.

Namun jika tidak terlalu suka cepak yang terlalu pendek, kamu bisa mencoba menggunakan outgrown buzz cut agar bisa menyesuaikan dengan tekstur rambut kamu secara khusus.

2. Faux Hawk

Rekomendasi model rambut pendek Hotelier.id berikutnya yang dapat kamu terapkan adalah faux hawk. Berbeda dengan buzz cut yang memiliki panjang rambut relatif sama antara atas rambut dan samping.

Faux hawk merupakan potongan rambut yang sedikit mengadaptasi gaya rambut dengan nama pompadour pada abad ke-17.

Namun, kamu tidak perlu membiarkan rambut bagian atas terlalu panjang sehingga menghasilkan jambul. Cukup dengan rambut pendek di bagian atas dan menggunakan pomade, kamu akan tampil modis dan tentunya classy.

Nah, variasi dari faux hawk ini juga beragam. Entah kamu ingin melempar potongan ke samping atau ke belakang, pastikan gaya rambut pendek yang kamu pilih sesuai dengan kesan yang ingin kamu beri.

Tentunya, kamu juga bisa memberikan variasi pada fade potongan rambut ini. Entah kamu ingin memberikan fade yang tipis atau justru panjangnya tidak terlalu berbeda dengan kepala kamu, semuanya tergantung preferensi.

3. French Crop

Model rambut dengan nama lain short crop cut ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan buzz cut dengan jenis chestnut. Hanya saja, french crop terkesan seperti model rambut pendek yang menyerupai batok. Bahkan tidak jarang, gaya rambut ini sering disangkutpautkan dengan era pertengahan.

Namun, bukan berarti model rambut in terkesan jadul, justru sebaliknya. Seseorang yang memiliki gaya rambut french crop bisa memadukan gaya rambutnya dengan facial hair alias janggut dan kumis.

Tidak hanya menimbulkan kesan manly, pendekatan seperti itu bisa memberikan kesan seimbang antara profesional dan playful. French crop juga punya model comb over, di mana kamu masih bisa memberi aksen di bagian atas kepala agar tidak terkesan seperti batok.

4. Undercut

Sebagai salah satu gaya rambut pendek yang selalu relevan, undercut bisa kamu pilih jika tidak ingin pikir panjang soal gaya rambut tertentu.

Layaknya model rambut yang sudah kamu lihat sebelumnya, undercut memisahkan bagian atas kepala dengan bagian samping kiri, belakang, dan kanan. Namun, undercut ini cukup bebas di bagian atas kepala.

Faux Hawk adalah salah satu jenis dari potongan undercut, namun undercut sendiri sebenarnya lebih fleksibel. Entah ingin spiky, berponi panjang, atau sekadar rapi, semua bisa kamu lakukan dengan gaya rambut undercut.

Namun, kekurangan dari model rambut ini adalah kamu harus merawat rambut secara rutin. Alias, kamu akan lebih sering ke barbershop.

5. Two Block

Merebaknya tren serba Korea membuat gaya rambut two block juga menjadi incaran banyak orang. Apalagi bagi yang menginginkan model rambut pendek hingga medium.

Sama dengan undercut, two block mengusung prinsip membedakan rambut kepala menjadi tiga bagian, yakni bagian atas, belakang, dan samping. Walaupun begitu, ada perbedaan yang mencolok dari antara kedua model rambut ini.

Ketika poni tergolong opsional pada model potongan rambut pria undercut, di two block poni justru menjadi keharusan. Akibat aturan ini, gaya rambut two block pun bisa memisahkan diri dari potongan rambut lainnya yang sempat kamu lihat.

Karena terkait dengan tren Kpop, tidak heran jika model rambut two block selalu memanfaatkan poni belah yang sempat menjadi tren juga di tahun 90-an. Tidak hanya tampil keren, model two block seperti ini memang memberi kesan yang lebih rapi tanpa harus tampil terlalu kaku.

Namun, selain model poni belah, two block juga memiliki variasi lain yang tentunya bisa kamu eksplor sesuai selera.

6. 4 On The Sides

Gaya rambut pendek untuk pria yang satu ini cocok sekali dengan kamu yang menggemari tokoh pria di serial TV barat. Terutama superhero seperti The Flash. Pasalnya, kamu kerap kali melihat sang tokoh utama, yakni Barry Allen menggunakan gaya rambut 4 on the sides.

Istilah “4 on the sides” sendiri muncul dari angka yang ada pada jenis sisir clipper. Nomor 4 biasanya memiliki panjang sekitar 13 mm, sehingga rambut kamu tidak akan terlalu cepak. “Sides” sendiri berarti sisi samping dan belakang rambut kamu.

Jadi seperti biasa, bagian atas rambut bisa kamu padukan sesuai dengan preferensi dan bentuk wajah.

Tips Memilih Model Rambut Pendek untuk Pria

Jika sudah tahu berbagai jenis model rambut pendek untuk pria, kamu tentu langsung bisa yakin untuk memilih gaya rambut, bukan? Idealnya seperti itu, namun beberapa dari kamu mungkin masih ragu ingin memilih rambut apa.

Karena itu, ada beberapa tips singkat tentang bagaimana cara agar kamu tidak menyesal setelah pulang dari barbershop. Ketika memilih gaya rambut pendek, pastikan bentuk wajah kamu ideal dan tidak terlalu “tabrakan”.

Biasanya, bentuk wajah oval akan memiliki kelebihan dari segi ini. Karena apapun model rambutnya akan tetap cocok. Intinya gaya rambut kamu harus membuat bentuk wajah yang tidak terlalu panjang atau terlalu lebar.

Jenis rambut juga harus jadi pertimbangan. Jika rambutmu lurus, maka two block adalah pilihan yang sangat bijak. Namun, jika memiliki rambut keriting maupun ikal, maka buzz cut dan undercut adalah model terbaik untukmu.

Pilihan Model Rambut Pendek Mana yang Kamu Suka?

Itulah beberapa jenis model rambut pendek pria yang bisa menjadi referensi kamu. Harapannya dengan panduan ini kamu bisa tampil lebih modis, sehingga bisa menambah rasa kepercayaan diri kamu. Ingin mendapat rekomendasi model rambut pendek wanita? Temukan lebih banyak di