Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online

Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online tentu menjadi suatu hal yang berguna buat kalian, khususnya disaat masa pandemi yang melanda Indonesia sekarang.

Ya, semenjak munculnya covid-19 yang melanda seluruh Indonesia, kini pemerintah berupaya mengatasinya dengan melakukan pembatasan aktivitas.

Dan upaya yang seperti ini, memang memberikan dampak yang cukup tidak baik, khususnya dalam segi ekonomi maupun segi dalam bidang yang lainya.

Salah satu dampak yang sering dikeluhkan oleh masyarakat saat, adalah sulitnya akses untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dalam melakukan pengobatan.

Karena pada dasarnya, hampir semua rumah sakit yang ada di Indonesia, sudah penuh oleh pasien yang terpapar virus covid-19 atau corona.

Jadi sulitnya mencari fasilitas kesehatan dalam melakukan pengobatan saat ini, memiliki sebuah tujuan agar pasien yang terpapar virus corona bisa segera diatasi.

Nah, untuk mempermudah masyarakat dalam mengatasi hal yang seperti ini, pemerintah telah membuat Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara online.

Jadi disaat kalian ingin konsultasi kesehatan di berbagai rumah sakit, maka kalian bisa mengajukan secara online, tanpa harus melakukan aktifitas diluar rumah.

Baca Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja

Dan untuk pengertian lebih lengkapnya, maka kalian bisa simak sebuah pengertian tentang Kartu Indonesia Sehat Online, melalui penjelasan berikut ini.

Apa itu Kartu Indonesia Sehat Online?

daftar -kis online 2021 lewat hp

Kartu Indonesia Sehat merupakan salah satu program pemerintah, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang kurang mampu.

Dan fungsi dari kartu ini, adalah pemberian layanan berobat gratis ke berbagai puskesmas maupun rumah sakit umum yang ada di Indonesia.

Jadi berbagai masalah kesehatan atau penyakit yang dialami oleh si penderita, bisa diobati secara gratis dengan cara memanfaatkan kartu KIS ini.

Program pemerintah yang satu ini, pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 dengan hasil yang terbukti membantu jutaan masyarakat yang terpapar penyakit.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Kartu Indonesia Sehat telah tersedia atau sudah dikembangkan dalam bentuk mobile secara online.

Sehingga, keberadaan Kartu Indonesia Sehat dalam bentuk online ini, tentu akan mempermudah para masyarakat dalam melakukan sebuah pengobatan.

Terlebih lagi, masyarakat nantinya bisa melakukan rujukan atau ingin melakukan konsultasi, tanpa harus keluar rumah agar tidak mudah terpapar virus corona.

Syarat dan Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online

Syarat dan Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online

Sebelum kalian mendaftarkan Kartu Indonesia Sehat dalam bentuk online, tentunya kalian juga wajib untuk tergabung dalam program Kartu Indonesia Sehat.

Jadi disaat kalian belum tergabung dalam anggota Kartu Indonesia Sehat, maka kalian tidak bisa mendaftarkan program tersebut secara online.

Tapi kalian semua tidak perlu khawatir, karena di kesempatan kali ini kami akan memberikan cara kepada kalian agar bisa bergabung dalam program KIS.

Dan seluruh cara atau tutorial yang kami berikan tersebut, semuanya telah kami rangkum dalam ulasan yang tersaji di bawah ini.

Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat

Sebelum lanjut ke proses tutorial pendaftaran, tentunya kalian harus memenuhi syarat yang telah ditentukan pemerintah agar proses pendaftaran bisa berhasil.

Jadi bagi kalian yang masih bingung tentang syarat apa saja yang dibutuhkan, maka kalian bisa mengetahuinya melalui daftar berikut ini.

  • Keluarga tidak atau bukan seorang pekerja yang menerima upah (PBPU).
  • Seluruh bagian dari anggota keluarga wajib didaftarkan sesuai dengan data yang ada di Kartu Keluarga.
  • Dapat mendaftar ke berbagai Kantor BPJS terdekat.
  • Dokumen yang harus disiapkan dan dibawa berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat keterangan domisili beserta pas foto 3×4 masing-masing 1 lembar.
  • Menandatangani lembar surat pernyataan.
  • Anak angkat juga bisa didaftarkan dengan cara menyerahkan bukti yang sah dari pihak pengadilan.
  • Pendaftaran bisa diwakilkan jika salah satu keluarga tidak bisa melakukan pendaftaran sendiri dengan dilengkapi surat kuasa bermaterai.

Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat

Perlu kalian ketahui, bahwasanya Kartu Indonesia Sehat ini hanya diperbolehkan untuk masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi sulit.

Jadi disaat kalian memiliki sanak saudara yang memiliki tingkat ekonomi sulit, maka kalian bisa mendaftarkannya dengan cara yang sama persis di bawah ini.

  • Siapkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anggota keluarga yang ingin memiliki kartu KIS.
  • Persiapkan juga bukti keterangan tidak mampu dari pihak RT/RW dan kelurahan setempat.
  • Terakhir, pastikan memiliki surat pengantar dari puskesmas.

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Online

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Online

Disaat kalian sudah berhasil tergabung dalam program Kartu Indonesia Sehat (KIS), maka kalian bisa meningkatnya ke dalam bentuk online.

Hal ini bertujuan, agar setiap kerabat dekat kalian bisa melakukan konsultasi pengobatan dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Nah, untuk melakukan aktivasi atau pengecekan Kartu Indonesia Sehat Online, sebenarnya bisa kalian lakukan dengan mudah.

Karena disaat kalian ingin mengecek aktivasi KIS Online, nantinya kalian bisa memilih untuk melakukannya dengan metode yang seperti apa.

Dan untuk mempermudah kalian dalam memilih metode yang dimaksud tersebut, maka kalian bisa menyimak sebuah rangkumannya berikut ini.

Cek Melalui SMS

Melakukan pengecekan KIS Online melalui fitur SMS di perangkat HP, mungkin menjadi metode yang paling mudah.

Jadi bagi kalian yang ingin memanfaatkan metode ini juga, maka kalian bisa menyimak dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Cek Melalui Care Center BPJS
  • Pertama, silahkan buka fitur Pesan yang ada di HP kalian
  • Ketik: >NOKA(spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • NIP(spasi) Nomor Induk Pegawai (NIP)
  • NIK(spasi) Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Terakhir kirim pesan tersebut ke nomor 08777-5500-400.

Cek Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk cara yang satu ini, tentunya akan jauh lebih mudah karena kalian bisa memanfaatkan sebuah layanan yang berbentuk aplikasi.

Dan bagi kalian yang ingin menggunakan metode Mobile JKN ini, maka kalian bisa melakukan cara yang sama seperti tutorial berikut ini.

  • Silahkan download dan instal terlebih dahulu aplikasi “Mobile JKN” melalui HP kalian.
  • Jika sudah, silahkan buka aplikasi dan masuk ke “menu akun dengan menginput nomor KIS“.
  • Dengan ini, nantinya kalian akan diberi tahu tentang informasi dan status KIS yang kalian miliki.

Simak : Cara Cek Bantuan UMKM

Cek Melalui BPJS Online

Tidak jauh berbeda dengan metode sebelumnya, cara mengecek KIS online juga kini bisa kalian lakukan dengan menggunakan BPJS Online.

Dan langkah-langkah dalam melakukan pengecekannya, bisa kalian ketahui dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka “Browser” dan masuk ke laman “www.bpjs-kesehatan.go.id” sebagai situs resmi dari BPJS Kesehatan.
  • Pilih tautan BPJS Checking.
  • Dan terakhir kalian masukan nomor kartu dan tanggal lahir yang diakhiri dengan menekan tombol cek.

Cek Melalui Care Center BPJS

Bagi kalian yang memilih cara cepat, maka metode pengecekan KIS Online melalui Care Center BPJS ini tentu bisa kalian andalkan.

Jadi bagi kalian yang ingin melakukan metode ini, untuk melakukan cara daftar Kartu Indonesia Sehat Online, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan buka fitur telepon di HP kalian.
  • Jika sudah, ketikan Care Center BPJS dengan nomor 1500-400.
  • Apabila terhubung, silahkan ikuti instruksi atau arahan untuk melakukan pengecekan.

Cek ke Fasilitas Kesehatan Sekitar

Apabila metode secara virtual yang ada di atas tadi gagal, maka kalian bisa langsung berkonsultasi ke berbagai fasilitas kesehatan yang ada di daerah kalian.

Karena cara inilah, yang bisa kalian adalkan dan paling efektif untuk mengetahui informasi lanjutan yang benar.

Cara Menggunakan Kartu Indonesia Sehat

cara menggunakan KIS

Pada saat kalian berhasil membuat kartu KIS Online maupun Offline, kini salah satu program yang diberikan oleh pemerintah sudah siap untuk kalian gunakan.

Dan berbagai masalah kesehatan yang terdapat pada diri maupun kerabat dekat kalian, semuanya bisa ditangani melalui kartu KIS ini.

Namun yang jadi permasalahan, bahwa tidak semua diantara kalian mengetahui atau memahami tentang bagaimana cara penggunaan kartu KIS ini,

Oleh karena itu, kalian bisa mengetahui atau memahaminya, dengan cara menyimak langkah-langkah atau prosedur berikut ini.

  • Kunjungi layanan rumah sakit umum atau puskesmas yang ada di sekitar kalian.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan kartu KIS dan juga KTP kalian.
  • Lakukan konsultasi atas penyakit apa yang diderita oleh kalian.
  • Apabila puskesmas maupun rumah sakit tersebut tidak bisa menanganinya, maka nantinya kalian akan diberi surat rujukan sebagai tempat pengobatan lanjut.
  • Tapi disaat kalian sedang dalam keadaan darurat, maka surat rujukan tersebut tidak berlaku dan langsung mendapatkan penangan tingkat lanjutan.

Perbedaan Kartu Indonesia Sehat Dengan Kartu BPJS

perbedaan kis dengan bpjs

Beberapa diantara kalian, mungkin sering bertanya-tanya tentang perbedaan dari Kartu Indonesia Sehat KIS dengan kartu kesehatan lain yaitu BPJS.

Karena pada dasarnya, kedua jenis kartu ini memang menjadi program yang sama, yakni diberlakukan oleh pemerintahan Indonesia.

Namun yang perlu kalian ketahui, bahwasanya kedua jenis kartu program ini memiliki sebuah perbedaan yang mencakup satu sama lainya.

Jadi bagi kalian yang penasaran dan ingin tahu tentang perbedaanya yang seperti apa, maka kalian bisa menyimak sebuah ulasannya berikut ini

Jangkauan Fasilitas

Apabila kalian memiliki Kartu Indonesia Sehat, maka kalian bisa memanfaatkan nya untuk melakukan pengobatan di berbagai fasilitas kesehatan mana saja.

Namun disaat kalian memiliki kartu BPJS, maka fasilitas yang bisa kalian kunjungi hanya yang sudah terdaftar saja.

Manfaat yang Didapat

Untuk Kartu Indonesia Sehat (KIS) sendiri, memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan pencegahan dan pengobatan saja.

Sedangkan BPJS, hanya berfungsi sebagai asuransi seseorang yang memiliki kendala pada kesehatan dan harus segera mendapatkan perawatan.

Syarat Penggunaan

Untuk syarat penggunaanya sendiri, KIS hanya bisa digunakan oleh kalangan kurang mampu saja, sedangkan BPJS bisa digunakan oleh semua kalangan.

Namun dengan perbedaan, seorang atau pengguna kartu KIS tidak perlu melakukan pembayaran sedangkan pengguna BPJS harus melakukan pembayaran.

Download : Vidmate Apk Versi Lama